Jumat, 22 Januari 2016

Kuliner Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa Timur yang Enak dan Mantab

Rawon cara.media
Makanan khas dari Jawa timur itu banyak dan enak-enak lho. Tiap daerah yang ada di Jawa Timur pun memnpunyai makanan yang berbeda-beda. Misalnya kalau kita ke Lamongan ada soto khas yang menjadi makanan andalan. Dari pada penasaran, langsung kita lihat aja yuk apa aja makanan khas yang ada di Jawa Timur.

1. Soto Lamongan

Soto lamongan yang gurih
alimustikasari.com
Salah satu jenis soto yang menjadi khas kota Lamongan ini udah gampang kita jumpai di daerah lain. Ada yang bikin beda antara soto ini dengan soto yang lain lho. Namanya koya, pada tau nggak koya itu apaan? Koya itu semacam bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang sama bawang putih. Kalau pengen tau rasanya soto lamongan, cari aja di kota kamu, atau kalau nggak ya main-main ke lamongan juga boleh kok.

2. Rawon

Rawon
cara.media
Udah pernah lihat makanan yang kuahnya coklat kehitam-hitaman nggak? Nah makanan yang namanya rawon ini warna kuahnya kayak gitu. Warna gelapnya didapat dari salah satu bahan yang bernama kluwek.
Kalau di Jawa Timur, rawon yang terkenal itu di daerah Pasuruan. Makanan berkuah nan menggoda ini biasanya dimakan dengan nasi, ada juga yang menambahkan bawang goreng dan kerupuk. Rawon biasanya berisi tauge, sayuran hijau, telur dan juga daging sapi. Pengen nyobain makan rawon? Cari aja di daerah kamu tinggal, atau main lah ke Jawa Timur biar dapet rasa aslinya tuh.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur
gpswisataindonesia.blogspot.com
Kalau makan rujak kan biasanya irisan buah-buahan yang dikasih sambel gitu kan. Nah, kalau rujak cingur ini beda lho isinya. Cingur sendiri artinya adalah mulut, jadi rujak mulut sapi, hiiiii. Bahan yang ada di dalam rujak ini adalah cingur dan juga sayuran serta pelengkap lainnya. Tapi, yang bikin rasanya enak itu bumbu yang digunakan. Bumbunya terdiri dari petis, gula merah, cabe dan juga kacang tanah yang sudah digoreng. Nah, kesemua bumbu tadi diulek dan diencerkan dengan sedikit air. Rasanya sungguh mantab, apalagi kalau kamu makannya di Jawa Timur.

4. Lontong Balap

Kontong Balap Jawa Timur
resepmasakantop.com
Makanan yang satu ini bukan perlombaan ataupun kompetisi ya. Ini murni sebuah makanan yang menjadi salah satu khasnya Jawa Timur, namanya lontong balap.
Nah, lontong balap ini terdiri dari berbagai macam bahan, ada lontong, tauge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng dan pelengkapnya sambal. Terus disiram dengan kuah yang rasanya segar dan mantab.
Makanan yang satu ini udah ada dari jaman dahulu, sebelum negara api menyerang lho. Jualannya dipikul gitu, dibawa keliling kota bersama peralatannya. Tapi sekarang jualannya udah pada punya kios sendiri, jadi nggak perlu mikul berat-berat lagi. Cobain deh makanan legendaris ini, pasti bakal kenyang tuh.

5. Gado-Gado

Gado gado yang nampak lezat dimakan
travelblog.ticktab.com
Gado-gado merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah terkenal akan kelezatannya. Bukan cuma orang Indonesia aja lho yang suka sama makanan ini, orang luar negeri pun juga suka sama gado-gado.
Makanan ini terbilang cukup sehat, bahannya aja terdiri dari sayuran rebus, tahu, tempe, telur, kentang dan kadang ditambahi ketupat. Terus diatasnya disiram saus kacang yang bikin rasanya makin mantab. Kalau kamu mau nyobain, mungkin di kota Kamu udah ada nih makanan semacam salad ini.

6. Tahu Tek

Tahu tek
hprasetyo.wordpress.com
Makanan yang satu ini bahan dasarnya adalah tahu, ya udah jelas juga sih kalau dilihat dari namanya. Tahu tek ini tahunya digoreng setengah matang kemudian ditambahi bahan lain seperti potongan lontong, tauge, kentang goreng dan timun. Nah, setelah itu disiramlah dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah goreng dan petis yang sudah dihaluskan. Cobain aja deh rasanya, biar kamu nggak penasaran lho.

7. Pecel

Pecel Madiun
bambangpriantono.wordpress.com
Makanan Enak Khas Jawa Timur yang satu ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Banyak sekali yang menyukai makanan ini . Di Jawa Timur sendiri makanan ini terbagi atas beberapa pecel khas daerah. Seperti percel khas Malang ada juga pecel khas kediri ada pecel khas jember. Makanan ini sangat populer karena bahan makanan yang mudah ditemukan juga selain itu rasa yang nikmat dari pecel sendiri.

8. Bakso Malang

Bakso khas kota Malang
tripdomestik.com
Ini bukan bakso biasa ya, bakso Malang ini berbeda dari bakso lainnya yang ada dipasaran. Kalau kamu penasaran cobain aja deh sendiri, taku ntar bikin kamu ngiler kalau dijabarin dimari nih.

9. Nasi Tumpang

Sego tumpang
budaya-indonesia.org
Sego tumpang atau nasi tumpang adalah makanan khas Kediri. Diberi nama nasi tumpang karena menggunakan kuah dari sambal tumpang. Sambal tumpang dibuat dari tempe yang sudah basi atau kalau orang Jawa menyebutnya tempe bosok. Tempe tersebut dimasak bersama dengan ayam, kadang ada juga yang memakai rambak atau krupuk kulit sapi.
Nah, itu dia beberapa makanan khas Jawa Timur. Kamu harus cobain semuanya ya, biar tau gimana lezatnya makanan khas Indonesia itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar