Jumat, 04 Desember 2015

Kuliner Khas Bengkulu

Kuliner Bengkulu Unik Yang Wajib Dicoba

Tempayak
Indonesia memiliki beragam kekayaan kuliner yang lezat dan unik, dimana setiap daerah mempunyai makanan atau masakan khas yang menjadi ciri khas daerah masing-masing. Salah satu masakan khas Indonesia yang wajib kamu coba adalah masakan khas Bengkulu. Makanan khas Bengkulu ini memiliki corak yang sangat unik karena dipengaruhi oleh Kerajaan Sriwijaya dan melayu Minangkabau, maka dari itu ciri makanannya pun hampir sama dengan cita rasa 3 propinsi yang berdekatan seperti Jambi, Palembang/sumatera Selatan dan Padang/Sumatera Barat.

LIHAT JUGA : Kuliner Aceh Ini Wajib Kamu Coba 
1.  Lepek Binti
Lepek Binti (Resep Tradisional)
Photo by www.kulinologi.co.id
Lepek binti adalah makanan ringan khas Bengkulu yang terbuat dari tepung ketan, garam, santan yang didalamnya berisi gilingan daging sapi yang dicampur bersama bumbu berbentuk santan, lengkuas dan daun salam. Lalu semua bahan tersebut dibungkus daun pisang dan direbus.
2. Tempoyak
Tempayak
Photo by milanistibaturaja.wordpress.com
Makanan ini terbuat dari fermentasi durian dan merupakan makanan ciri khas dari 3 daerah yaitu Pelembang, Jambi dan Bengkulu. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya makan sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun sangat jarang dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak juga dijadikan bumbu masakan.
3. Bagar Hiu
Bagar-hiu-1
Photo by www.maskiki.com
Merupakan resep makanan khas Bengkulu pertama yang berbahan dasar dari ikan hiu. Biasanya jenis hiu yang digunakan adalah hiu punai atau hiu tanduk dengan memiliki kulit yang lembut dan cita rasa yang tidak terlalu amis. Masyarat Bengkulu menjadikan kuliner bagar hiu sebagai olahan yang disajikan khusus pada bulan Ramadhan. Di luar bulan Ramadhan dijamin sulit menemukan kuliner yang satu ini.
LIHAT JUGA : Kuliner Padang Ini Paling Unik 
4. Kue tat
bay tat
Photo by petrasam.blogspot.com
Kue berbentuk segi empat ini terbuat dari tepung terigu, gula pasir, telur ayam dan mentega. Rasanya lembut dan sedikit renyah dengan manis selai nenas yang manis mengigit membuat kue ini banyak disukai. Kue ini merupakan khas Bengkulu yang sering dijumpai di acara pesta pernikahan atau hari besar Islam.
5. Gulai Kemba’ang
Gulai
Photo by lakehavensdiary.blogspot.com
Masakan ini lebih dikenal masyarakat di wilayah Kabupaten Mukomuko, karena banyak versi mengatakan bahwa gulai kemba’ang berasal dari daerah itu. Gulai kemba’ang ini terbuat dari iga sapi dan racikan beberapa jenis bumbu dan memiliki rasa yang gurih. Gulai kemba’ang merupakan makanan khas Bengkulu yang khusus disajikan pada bulan puasa dan lebaran.
6. Pendap
pendap-41
Photo by nutrisiuntukbangsa.org
Pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam, seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Kemudian, bahan-bahan itu dicampur merata dengan parutan kelapa muda selanjutnya dibungkus dengan daun talas, dimasukkan sepotong ikan, lalu direbus selama delapan jam. Pendap memiliki rasa pedas dan gurih. Pendap dijadikan lauk makan nasi yang bisa meningkatkan selera makan seseorang.
7. Lema
lema
Photo by kuliner-tina.blogspot.com
Jenis makanan ini memiliki beberapa kesamaan dengan tempoyak, yang mana Lema dibuat dengan proses fermentasi. Lema terbuat dari adonan rebung (bambu muda) yang kemudian dicincang dan dicampur ikan yang hidup di air tawar. Selanjutnya adonan itu disimpan ke dalam wadah yang dilapisi dengan daun pisang dan ditutup rapat minimal tiga hari sebagai bentuk proses fermentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar