Jumat, 06 November 2015

Pempek

Pempek
Pempek
Salah satu kuliner khas Palembang yang pasti sudah Klikers kenal pastinya adalah pempek. Namun, tahukah Klikers dari mana kata pempek berasal? Pempek awalnya dijajakan oleh para lelaki tua keturunan Tionghoa. Karena para lelaki tua ini dipanggil dengan sebutan “apek” maka makanan ini pun lalu dinamakan “pempek”. Pempek terbuat dari ikan giling, tepung sagu, air, dan garam. Ikan yang digunakan sejatinya adalah ikan belida yang hidup di Sungai Musi. Namun, kini banyak juga pempek yang dibuat dari ikan tenggiri atau ikan gabus. Pempek disantap dengan kuah cuka yang berwarna hitam (cuko). Cuko ini terbuat dari gula merah, cabe, dan udang kering. Pempek juga kerap disajikan dengan pelengkap berupa sedikit mie basah dan ketimun. Beberapa varian pempek antara lain: pempek kapal selam, lenggang, adaan, dan panggang.

2. Mie Celor

Mie Celor
Mie Celor
Mie celor merupakan kuliner khas Palembang yang cara memasaknya cukup unik. Mie dimasak bukan dengan cara direbus, melainkan diseduh dengan air panas. karena diseduh, maka mie memiliki tekstur kenyal. Mie celor ini disajikan dalam kuah santan yang dicampurkan dengan kaldu ebi, dicampur toge, dan disajikan dengan irisan telor rebus. Mie celor juga biasanya dihidangkan dengan pelengkap berupa seledri, daun bawang dan bawang goreng. Citarasa gurih dari udang dan santan dalam kuah yang kental sungguh menggugah selera.

3. Tekwan

Tekwan
Tekwan
Sama seperti pempek, tekwan pun dibuat dengan bahan dasar ikan. Tekwan ini mirip dengan sup ikan. Adonan ikan giling dicampur dengan tepung sagu dan dibentuk bulat. Tekwan ini lalu dihidangkan dengan bihun dan soun, irisan bangkoang, jamur kuping, lalu disajikan dengan kuah kaldu udang dengan taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Tekwan ini sangat nikmat disajikan hangat untuk disantap saat sore atau malam hari.

4. Model

Model
Model
Serupa dengan tekwan, model pun merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang disajikan dengan kuah. Ada dua macam model, yaitu model gandum dan model ikan. Model gandum terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng dan disajikan dengan kuah model. Sementara model ikan terbuat dari adonan yang sama dasarnya dengan pempek. Namun model ikan diisi dengan tahu lalu digoreng. Kuah model terbuat dari kaldu udang. Sebagian orang biasanya menambahkan sedikit cuka pada kuah model untuk citarasa yang lebih mantap. Model dihidangkan bersama campuran bihun atau soun, timun, ebi, jamur kuping dan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar